Proposal Usaha



Proposal Usaha
PUTI
(Puding Roti)






Disusun Oleh:
Mutiara Ramadhona Sopiandi
27214688
2EB15
Fakultas Ekonomi – Akuntansi
Universitas Gunadarma
Daftar Isi
1.      Pendahuluan........................................................................................... 2
1.1  Latar Belakang.................................................................................. 2
2.      Isi............................................................................................................. 3
2.1  Visi dan Misi...................................................................................... 3
2.2  Analisa Peluang Masyarakat.............................................................. 3
2.3  Marketing Mix................................................................................... 4
2.4  Proses Produk....................................................................................  4
2.5  Perhitungan Produk dan Harga Jual................................................... 5
2.6  Perhitungan Rugi Laba........................................................................ 6
2.7  Analisis Keuntungan........................................................................... 7
Kesimpulan............................................................................................... 7




















Bab 1
Pendahuluan

1.1    Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut merupakan makanan yang sudah banyak orang jual, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Salah satu makanan yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi sebagai makanan penutup atau cemilan dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa dan belum pernah terlihat di pasaran adalah “PUDING ROTI”. Pembuatan makanan ringan ini dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Puding Roti ini akan memiliki rasa yang enak, nikmat, mengandung protein dan juga lezat yang akan disukai oleh seluruh masyarakat, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia. Selain itu, Puding ini bukan puding yang banyak di jual di pasaran karena puding ini menggunakan bahan dasar dari Roti.
Dengan melihat potensi atau kelebihan seperti hal tersebut di atas, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan Puding Roti atau dengan sebutan lain “PUTI” untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat merasakan jenis makanan lain yang akan ada di Indonesia.







Bab 2
Isi
2.1 Visi dan Misi

Visi:
     Menjadikan Puding Roti atau PUTI sebagai makanan ringan yang akan menembus pasar nasional serta dunia.

Misi:
-          Membuat olahan Puding yang berbeda
-          Memasarkan Puding Roti ke semua kalangan
-          Mendirikan usaha kuliner dengan makanan baru di Indonesia

2.2 Analisa Peluang Masyarakat
       Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.      Strength ( Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
·         Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
·         1 produk terdiri dari berbagai topping
·         Bahan produk terjamin dan higienis

2.      Weaknes ( Kelemahan )
·         Tidak tahan lama

3.      Opportunity ( Peluang )
·         Tempat strategis
·         Fasilitas listrik untuk lemari pendingin terpenuhi

4.      Threath ( Ancaman)
·         Adanya pesaing yang akan mencoba menjual produk yang sama
2.3  Marketing Mix
1)      Product (Produk)
Produk yang dijual adalah Puding Roti yang merupakan makanan selingan sehari-hari

2)      Price (Harga)
Harga per cup Rp 10.000,00 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah

3)      Promotion (Promosi)
    Dalam memasarkan produk ini akan disebarkan brosur kepada kalangan masyarakat dan memberikan promo beli 2 gratis 1

4)      Place ( Tempat )
    Tempat yang di pilih yaitu di depan kampus E universitas Gunadarma, karena letaknya sangat strategis dan banyak mahasiswa yang berlalu lalang.

2.4  Proses Produksi
      Untuk membuat Puding Roti ini, bahan-bahan yang diperlukan dan prosesnya seperti berikut: (Satu kali proses untuk 10 cup/mangkuk)

Bahan:
·      Telur 1 Butir
·      Roti Tawar
·      Mentega 3 sdm
·      Gula 4 sdm
·      Susu kental manis
·      Air 500cc
·      Garam secukupnya
·      Cup/Mangkuk kecil
·      Pilihan Topping : Keju, Kismis, Meses Coklat

Cara membuatnya:
1.    Siapkan mangkuk besar
2.    Potong-potong roti menjadi bagian sedang, lalu taruh di dalam mangkuk besar.
3.    Aduk susu kental manis dengan air panas 500cc, aduk hingga rata, lalu campurkan mentega ke dalam susu yang sudah di seduh tersebut lalu aduk rata.
4.    Campurkan gula, garam, telur, dan susu yang sudah diseduh tadi ke dalam mangkuk besar yang sudah berisi potongan roti. Lalu, aduk hingga rata.
5.    Masukkan adonan yang sudah dibuat ke dalam Cup/mangkuk kecil.
6.    Lalu, masukkan cup yang sudah berisi adonan ke dalam panci kukusan. Dan kukus selama +- 30 menit, dengan api sedang.
7.    Puding Roti siap disajikan.
8.    Tambahkan Topping sesuai selera konsumen.


2.5  Perhitungan Modal dan Harga Jual
1.      Modal:
-        Bahan Baku:
1.      Telur 1 Butir                                       Rp 3.000
2.      Susu Kental Manis 1 sachet               Rp 2.500
3.      Roti Tawar                                         Rp 12.500
4.      Garam                                                            Rp 2.000
5.      Mentega                                             Rp 7.000
6.      Gula ¼ kg                                          Rp 5.000
7.      Cup isi 10                                           Rp 10.000

                                                                                                  +
                                                                         Rp 42.000

-       Bahan Topping:
1.      Keju                                        Rp 18.000
2.      Meses                                      Rp 5.000
3.      Kismis 1 ons                           Rp 3.000
                                                                                                    +
                                                                              Rp 26.000
-       Bahan Baku Tambahan
Gas                                        Rp 20.000

Bahan Baku + Bahan Topping + Bahan Baku Tambahan =
Rp 42.000    +    Rp 26.000      +      Rp 20.000                 = Rp 88.000

2.      Harga Jual
Harga Jual 1 cup:                              Rp 10.000 x 50 Cup= Rp 500.000
Harga Pokok Produk/cup:
Harga Beli Bahan Baku                                            Rp 5.300
Harga Beli Bahan Tambahan                                    Rp 2.600
                                                                                                                         +
                                                                                                   Rp 7.900
                        Jumlah Hpp:                                                       Rp 7.900 x 10 = 79.000

2.6  Perhitungan Rugi Laba

Pendapatan dari penjualan                                                Rp 500.000
Harga Pokok Penjualan                                         Rp 79.000
                                                                                                 -
Laba Kotor                                                                        Rp 421.000

Biaya Penjualan:
Biaya pembuatan brosur                           Rp 100.000
Biaya Transportasi                                    Rp 20.000
Biaya Sewa Tempat                                  Rp 25.000
Biaya Listrik dan Air                                Rp 10.000
Biaya Lainnya                                           Rp 15.000
                                                                                     +
                              Rp 170.000
                                                                                                                     
Laba Bersih                                                                       Rp 251.000


Perhitungan margin keuntungan =
Rp 251.000
                                             X 100% = 0,502%
                    Rp 500.000



2.7  Analisis Keuntungan:
Pendapatan per bulan :
Omzet Rp 500.000 x 30 hari = Rp 15.000.000
Laba Kotor Per bulan Rp 421.000 x 30 = Rp 12.630.000

Keuntungan bersih per bulan:
(Rp 421.000 – Rp 170.000) x 30 = Rp 7.530.000


Kesimpulan
                    Kesimpulan bahwa agar produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan, baik dalam negeri maupun luar negeri maka kita harus :
-    Membuat produk yang bermanfaat, berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing;
-    Membuat desain yang baru dan harga terjangkau;
-    Membuat produk lebih cepat dan lebih murah;
-    Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan dan Jawaban Kode Etik

Bisnis UKM Tahu Jeletot Taisi